Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

Mengapa Membiasakan Anak Membaca Sejak Dini Sangatlah Penting?

Bacalah dengan nama tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah. Yang mengajarkan dengan perantara kalam. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.
(Q.s. al-‘Alaq [96]: 1-5)

Pada Mulanya Adalah Membaca, generasi anak-anak masa kini adalah generasi Alfa, mereka sangat akrab dengan teknologi terkhususnya alat-alat komunikasi, bahkan hampir semua masa bermain mereka diambil alih oleh teknologi, tak luput juga dengan masa belajar anak-anak, anak-anak lebih suka belajar secara visual melalui youtube dan lainnya yang terdapat pada teknologi. Sehingga lembaran-lembaran buku yang biasanya terisi penuh pada tas sekolah mereka kini tertata rapi pada rak-rak buku yang entah kapan mulai tak tersentuh.

“Mengapa mengajak anak-anak untuk gemar membaca sangatlah penting?”

Ada pintu-pintu ilmu yang kadang kita lupa; pada baris-baris yang berserak diberbagai buku. Kita lupa karena kita memang tidak terbiasa dengan membaca, karena dan karena semua itu tidak mulai dibiasakan sejak dini. Begitu pentingnya membaca, bahkan saat pertama menerima wahyu junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW diperintahkan Allah untuk membaca, mentadaburi kalam-kalam Allah yang indah juga dengan membaca.

Menurut buku “Positive Parenting” karya Mohammad Fauzil Adzhi, ada sekurangnya tiga manfaat besar menumbuhkan minat membaca anak semenjak hari-hari pertama dilahirkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Merangsang Terjadinya Lompatan Kecerdasan

Salah satu alasan mengapa membaca dapat meningkatkan IQ, karena membaca merupakan kegiatan yang memberi rangsangan paling kompleks bagi otak diandingkan beberapa kegiatan lainnya, meihat telivisi misalnya.

Paul C.Burns, Betty D. Roe & Elino P.Ross dalam buku Teaching Reading in Today’s Elementary Schools ada delapan aspek yang bekerja saat kita membaca meliputi sensori, persepsi, sekuensial (tata urutan kerja), pengalaman, berfikir, belajar, asosiasi dan afektif. Kedelapan aspek ini semuanya bekerja saat membaca, sehingga jika diterpakan pada anak-anak sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan anak.

  1. Mematangkan Emosi dan Kepribadian

Melalui membaca anak-anak dapat mematangkan emosi dan kepribadiannya, karena dengan membaca anak-anak terbiasa berfikir dan menggunakan semua pengetahuan mereka untuk memahami sekeliling. Mereka menggunakan pengetahuan dan kesabaran untuk memahami, serta belajar memahami sesuai secara lebih teratur. Kita tidak bisa memahami isi bacaan secara keseluruhan jika kita tidak membacanya dengan baik. jika kita ingin membaca dengan baik kita harus belajar mengendalikan diri, memusatkan perhatian, menghayati dengan perasaan, dan memahami makna tiap kata. Ini semua mematangkan emosi anak dan membangun kecakapan berfikir.

Penulis : Verda Novita Sari

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terbaru

Gallery

Tag

Subscribe