Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

The First Love

Ayah adalah cinta pertama anak perempuan.

Mungkin dari kita sering sekali mendengar sebuah hadist yang artinya “ dari abu hurairah radhiyallahu’anhu, beliau berkata, ”datang kembali kepada rasulullah shalallu’alaihi wasallam dan berkata, ”wahai rasulullah, untuk siapakah saya harus berbakti pertama kali? ’nabi shalallaahu’alaihi wasallam menjawab, ’’ibumu! dan orang ini bertanya lagi,lalu siapa lagi? ’nabi shalallaahu’alaihi wasallam menjawab, ”ibumu! orang tersebut bertanya kembali, kemudian siapa lagi? ’ia menjawab ”ibumu. orang tersebut bertanya kembali, ’kemudian siapa lagi. Nabi shalallaahu’alaihi wasallam menjawab,  “kemudian ayahmu.”(HR.Bukhari no.5971 dan muslim no. 2548)

Dari arti hadist diatas bahwa orang tua yang paling dihormati itu adalah ibu. Meskipun ayah disebutkan cuma satu kali dihadist diatas bukan berarti kita tidak menghormati ayah. Ibu dan ayah adalah orang tua kita.

Ada sosok yang tak kalah berarti untuk anak terutama  anak perempuan. siapa lagi kalau bukan ayah, yang sampai kapanpun akan menjadi laki-laki spesial bagi anak perempuan. Ayah tak akan tergantikan oleh laki-laki manapun, karena :

1. Ayah adalah laki-laki pertama yang memberikan dan mengenalkan rasa cinta kepada anak perempuannya, dan cintanya itupun lebih besar dari laki-laki manapun. Kehadiran ayah melengkapi sosoknya sebagai laki-laki

2. Ayah adalah superhero dalam keluarganya. Ayah lebih dari tulang punggung keluarga sebab ia menjaga tanpa kenal lelah. Ayah memang jarang ada disamping kita dia bertanggung jawab memberikan nafkah bagi keluarganya

3. Sekeras apapun ayah kepada anak perempuannya ia akan menjaga emosinya. ayah memang lebih keras mendidik anak laki-laki tapi tidak untuk anak perempuan. Karena ayah tau anak perempuan itu seperti ibu yang begitu banyak memainkan perasaan. Meskipun anak perempuan berbuat salah ayah tetap menegurnya tanpa menggunakan emosi.

4.  Ayah adalah sosok seorang yang setia dan peduli. Ayah dengan khawatirnya menunggu anak perempuannya pulang kerumah sampai larut malam, dibalik sifat cueknya ayah juga peduli dengan anaknya selalu menanyakan kabar anaknya melalui perantara ibunya.

5. Dibalik wajah ayah yang begitu tegas, ayah sosok humoris yang selalu membuat anaknya tertawa dan bahagia, cinta, ketulusan dan perhatian ayah terhadap anak perempuannya tidak akan bisa ditemui dengan laki-laki lain.

Maka dari itu TK IT Robbani membuat program baru untuk memupuk kedekatan ayah dan anak yaitu kegiatan “Literasi Keluarga” dimana setiap ayah meluangkan waktunya 5 menit untuk ananda sebelum tidur, dengan membacakan cerita atau dongeng. lalu diposting ke group kelas masing-masing sebagai bukti ayah telah melaksanakan kegiatan tersebut. Dengan diadakan kegiatan literasi keluarga ini yaitu pertama, membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak. Kedua, mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua khususnya ayah. Ketiga, terjalinya kerjasama ibu dan ayah dalam mendidik anak. Empat, menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Terimakasih ayah

by : Rahmah Fithriani

(Guru TKIT Robbani)

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terbaru

Gallery

Tag

Subscribe