Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Gizi Anak

Penulis : Ela Novita Sari, S.Pd

Setiap tahun pada tanggal 25 Januari diperingati bangsa kita sebagai Hari Gizi dan Makanan Nasional. Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan pada tahun 1960-an dan diselenggarakan guna memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia. Adanya hari peringatan ini sekaligus memberi tahu kepada kita bahwa gizi dan makanan merupakan hal yang sangat penting bagi kita utamanya sebagai makhluk hidup dalam pertumbuhan dan perkembangan. Oleh karena itu kita tidak boleh abai ataupun asal-asalan dalam hal pemenuhan gizi dan makanan yang kita butuhkan.

                Keseimbangan gizi dan makanan anak juga sangat penting untuk menjadi perhatian kita agar tumbuh kembang anak dapat optimal, sebab asupan gizi yang seimbang memiliki andil yang besar dalam proses tersebut. Gizi yang seimbang dapat diperoleh melalui makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh anak. Kualitas serta kuantitas makanan yang dikonsumsi sehari-harinya dapat sangat berpengaruh dalam kesehatan anak.

                Keoptimalan gizi anak akan sangat penting bagi pertumbuhan normal dan perkembangan fisik serta kecerdasan anak. Melalui gizi seimbang, kita berharap bahwa anak akan menjadi sehat dan tidak gampang diserang penyakit. Terutama ketika anak mulai memasuki usia sekolah yang tentu kegiatannya juga akan semakin banyak dan semakin beragam, sangat diperlukan pemenuhan gizi yang optimal.   Tentunya hal ini akan sangat membutuhkan peran besar dari orang tua. Orang tua dapat memerhatikan mulai dari varian makanan anak. Makanan yang lebih bervariasi akan sangat membantu dalam hal menjaga keseimbangan gizi anak sebab semakin bervariasi makanan yang dikonsumsi maka akan semakin banyak pula jenis nutrisi yang didapatkan tubuh.

                Adapun untuk sumber makanan yang harus ada setiap hari guna memenuhi gizi anak adalah sebagai berikut:

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama yang diperlukan otak untuk menjalankan berbagai aktivitas dan proses metabolismenya. Dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat dapat juga menambah asupan kalori anak untuk digunakan sebagai energi dalam beraktivitas.

  • Lemak

Lemak berperan sebagai sumber energi sebab memenuhi kebtuhan lemak artinya menambah asupan kalori yang akan digunakan sebagai energi, khususnya ketika cadangan karbohidrat sudah menipis. Lemak tak jenuh adalah lemak “baik” yang harus kita konsumsi.

  • Protein

Protein adalah zat gizi yang berperan dalam membangun serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Protein akan diubah menjadi asam amino yang berperan sebagai bahan utama dalam membangun sel-sel dan jaringan baru.

  • Serat

Serat merupakan bagian dari karbohidrat kompleks, namun tidak mengandung kalori di dalamnya. Memenuhi kebutuhan serat dapat membantu mencegah masalah pencernaan pada anak.

  • Vitamin

Ada banyak sekali manfaat vitamin, seperti bermanfaat untuk sistem metabolisme protein dan lemak tubuh, menjaga kesehatan kulit, membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan lain sebagainya.

  • Mineral

Seperti vitamin, macam-macam mineral juga dibutuhkan guna menjalankan proses tumbuh kembang anak. Dan ada banyak sekali manfaat mineral terutama dalam menjaga kesehatan anak, seperti membentuk tulang yang kuat, memproduksi hormone dan mempertahankan denyut jantung.

                Kebutuhan gizi bagi anak usia sekolah pastinya lebih banyak daripada anak usia prasekolah. Berikut beberapa saran dan anjuran pemenuhan gizi anak usia sekolah yang dilansir dari hellosehat.com:

  • Makan 3 kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan makan malam
  • Memenuhi asupan protein yaitu 30% dari protein hewani dan 70% dari protein nabati
  • Memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan
  • Membatasi makan makanan cepat saji, jajanan dan camilan yang tidak bermanfaat
  • Rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur malam

Kelima saran ini dapat kita mulai patuhi sesuai anjurannya. Dan tidak lupa pula kita sempurnakan dengan rutin meminum susu. Semoga anak-anak kita menjadi anak-anak cerdas yang selalu sehat dan bergizi.

The Importance of Maintaining a Child’s Nutritional Balance

Every year on January 25 our nation is commemorated as National Nutrition and Food Day. National Nutrition Day was first held in the 1960s and was held to commemorate the start of the cadre of Indonesian nutrition workers. This commemoration day also informs us that nutrition and food are very important for us, especially as living beings in growth and development. Therefore, we should not be negligent or careless in terms of fulfilling the nutrition and food we need.
The balance of nutrition and children’s food is also very important to our attention so that children’s growth and development can be optimal, because balanced nutrition has a big role in the process. Balanced nutrition can be obtained through foods that contain nutrients in the type and amount according to the needs of the child’s body. The quality and quantity of food consumed daily can greatly affect the health of children.
Optimal nutrition of children will be very important for normal growth and physical development and intelligence of children. Through balanced nutrition, we hope that children will be healthy and not susceptible to disease. Especially when children begin to enter school age, which of course will also have more and more diverse activities, it is very necessary to fulfill optimal nutrition. Of course this will really need a big role from parents. Parents can pay attention to the variety of children’s food. A more varied diet will be very helpful in terms of maintaining a child’s nutritional balance because the more varied the food consumed, the more types of nutrients the body will get.
The sources of food that must be available every day to meet children’s nutrition are as follows:

  1. Carbohydrates
    Carbohydrates are one of the main sources of energy needed by the brain to carry out various activities and metabolic processes. By meeting the needs of carbohydrates can also increase the child’s calorie intake to be used as energy in activities.
  2. Fat
    Fat acts as an energy source because meeting the need for fat means increasing the intake of calories that will be used as energy, especially when carbohydrate reserves are running low. Unsaturated fats are the “good” fats that we must consume.
  3. Protein
    Protein is a nutrient that plays a role in building and repairing damaged body tissues. Protein will be converted into amino acids which act as the main ingredient in building new cells and tissues.
  4. Fiber
    Fiber is part of complex carbohydrates, but does not contain calories in it. Meeting fiber needs can help prevent digestive problems in children.
  5. Vitamins
    There are many benefits of vitamins, such as being useful for the body’s protein and fat metabolism system, maintaining healthy skin, helping convert carbohydrates into energy and so on.
  6. Minerals
    Like vitamins, various minerals are also needed to carry out the process of child growth and development. And there are many benefits of minerals, especially in maintaining the health of children, such as forming strong bones, producing hormones and maintaining a heart rate.
    The nutritional needs of school-age children are certainly more than those of preschoolers. Here are some suggestions and recommendations for fulfilling school-age children’s nutrition, as reported by hellosehat.com:
    • Eat 3 times a day ie breakfast, lunch and dinner
    • Meet protein intake, which is 30% from animal protein and 70% from vegetable protein
    • Increase consumption of vegetables and fruits
    • Limiting eating fast food, snacks and snacks that are not useful
    • Diligently brush your teeth at least 2 times a day, ie after breakfast and before going to bed at night
    We can start following these five suggestions. And don’t forget to improve it by drinking milk regularly. May our children become smart children who are always healthy and nutritious.

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terbaru

Gallery

Tag

Subscribe