Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

Sepenting Apakah Air Conditioner (AC) terhadap Kenyamanan dan Motivasi Belajar Siswa?

Penulis : Artha Ganop Arrofi, S.E

Hallo Ayah Bunda,

Sebenarnya, sepenting apa penggunaan Air Conditioner (AC) terhadap kenyamanan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar?

Banyak sekali faktor yang memiliki pengaruh terhadap kenyamanan serta motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di lingkungan sekolah pada umumnya dan ruang kelas pada khususnya. Faktor itu bisa dalam bentuk sdm yang berkualitas, program sekolah, media pembelajaran yang tidak membosankan dan yang paling penting adalah Fasilitas sekolah. Fasilitas di institusi pendidikan dianggap sebagai faktor utama yang akan mewujudkan proses belajar mengajar yang kondusif. Soalnya dengan adanya fasilitas ini akan berpengaruh pada keefektifan transfer knowledge oleh guru ke siswa.

Banyak fasilitas sekolah yang mampu mempengaruhi kenyamanan siswa dalam proses belajar mengajar , di antaranya adalah ruang kelas, perpustakaan, alat alat IT, hingga kepada penggunaan pendingin ruangan atau AC.

Fasilitas yang berperan besar dan harus ada di sebuah institusi pendidikan adalah terdapatnya Pendingin ruangan atau AC. Sebuah kemunduran dan keanehan jika sekolah baik negeri terutama Swasta mempunyai beberapa ruang kelas yang tidak memiliki AC apalagi tidak sama sekali.

Siswa sering sekali mengalami kesulitan belajar akibat ketidaknyamanan ruang kelas yang tidak ber-AC. Apalagi saat ini, sekolah sudah menerapkan full day school, yang mengharuskan siswa berada di lingkungan sekolah dari pagi sampe sore. Kegiatan belajar mengajar pada siang dan sore hari dengan cuaca yang sangat panas dapat menyebabkan siswa kurang bisa menyerap pembelajaran yang disampaikan oleh guru terlebih lagi kondisi ruangan non AC. Hal ini akan mengakibatkan suasana belajar menjadi kurang nyaman dan berujung pada terhambatnya transfer knowledge ke siswa.

Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan betul kenyamanan anak dalam bersekolah. Pilihlah sekolah yang menawarkan fasilitas berkelas seperti ruang kelas nyaman dan ber-AC. Hati hati dengan keputusan Ayah dan Bunda, Jangan sampai karena salah memilih sekolah malah membuat Buah hati Anda tidak mendapatkan kenyamanan dalam proses belajar yang pada akhirnya akan menghambat proses transfer knowledge-nya.

Ruang kelas nyaman dan Ber-AC SIT Robbani

Tidak perlu riset yang lama untuk menentukan mau menyekolahkan anak dimana, SIT Robbani Ogan Ilir selalu hadir dan menjadi pilihan orang tua yang menginginkan anaknya sekolah di institusi pendidikan yang memiliki ruang kelas yang nyaman dan Ber-AC. Alhamdulillah, Kami menerima dengan senang hati jikalau Ayah Bunda mau menyekolahkan buah hati tercintanya di sekolah kami.


Tentukan pilihan sekarang, jika ada yang pasti, mengapa harus ragu untuk menentukan kemauan hati!!!


Informasi resmi PPDB SIT ROBBANI Ogan Ilir Tahun Ajaran 2022/2023 dapat dilihat melalui link daftar.sitrobbani.sch.id atau hubungi langsung 0811 747 472


Sumber : Santoso, Rizki Aji. (2014). Pengaruh AC terhadap kenyamanan Mahasiswa dalam Proses Belajar Mengajar. Thesis. University of Jember

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terbaru

Gallery

Tag

Subscribe