Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

Inilah kriteria sekolah Terbaik : Orang Tua Wajib Baca !!!

Penulis : Artha Ganop Arrofi, S.E

Inilah kriteria sekolah Terbaik : Orang Tua Wajib Baca !!!

Sebagai orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, terutama dalam hal pendidikan. Tak bisa dipungkiri, banyak sekali sekolah dan lembaga pendidikan yang ada di sekitar kita. Mereka menawarkan berbagai jenis fasilitas dan keunggulan masing masing demi menarik anak beserta orang tua agar mau melirik sekolahnya.

Pada saat akan memasukkan anak ke sekolah, sering muncul pertanyaan dari orang tua, seperti apakah sekolah yang baik? Apakah yang memiliki gedung bertingkat, apakah yang biaya masuknya paling mahal, apakah yang biaya bulanannya paling tinggi, apakah yang fasilitasnya paling megah dan mewah?

Seorang guru dan tokoh pendidikan Indonesia, Prof Dr H Arief Rachman, MPd yang dulunya pernah menjabat sebagai Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO mengatakan sekolah yang bagus adalah sekolah yang suasana belajarnya menyenangkan untuk anak.

Pakar pendidikan ini membagi setidaknya 10 kriteria untuk memilih sekolah yang baik bagi anak. Namun, kali ini penulis mengutip kriteria sekolah yang baik berdasarkan pendapat Cahyadi Takariyawan (konselor, penulis, trainer), beliau memilah ciri sekolah yang baik menjadi delapan kriteria sebagai landasan bagi orang tua untuk menentukan tempat anak anak bersekolah.

1. Kepemimpinan sekolah yang visioner dan professional
Para pemimpin visioner dan professional bekerja dengan kekuatan maksimal dan berorientasi pada tujuan tujuanyang lebih tinggi. Mereka memiliki pandangan yang jauh ke depan, melampaui batas-batas pandangan masyarakat pada umumnya. Mereka adalah para social innovator, agen perubahan, big picture (memandang sesuatu dengan utuh) dan selalu berpikir strategis. Dengan demikian sekolah akan senantiasa maju dan berkembang dengan kualitas yang terus meningkat.

2. Kebersamaan dan kekompakan tim
Sekolah yang unggul mempunyai kesatuan visi dan misi, mereka senantiasa bekerja sama untuk merealisasikannya. Semua orang yang terlibat di sekolah memahami dan menjalankan visi misi yang ada. Mereka memiliki tim yang solid baik dari pimpinan tertinggi, guru, karyawan sampai kepada pegawai teknis.

3. Memiliki program rutin peningkatan kualitas guru
Sekeren apapun kurikulum dan materi pembelajaran sekolah, kuncinya ada di Guru. Maka sekolah yang baik memiliki program rutin peningkatan kualitas para guru. Jadi, istilahnya tidak hanya KBM (Kegitaan belajar mengajar), tetapi KBMD (kegiatan belajar mengajad dan diajar) tetapi istilah ini hanya sudut pandang penulis ya. Jadi bukan hanya siswa yang dituntut, namun para guru harus belajar terus menerus. Hak para guru memperoleh program peningkatan wawasan, skill, kapasitas dan kapabilitas, sehingga guru tidak hanya dicap formil sebagai pengajar tetapi juga sebagai pendidik.

4. Suasana belajar yang menyenangkan
Sekolah yang baik ditandai dengan suasana belajar yang mendukung dan lingkungan sekolah yang menyenangkan. Poin ini tidak ada kaitannya dengan Gedung bertingkat, mewah dan mentereng, fasilitas kelas yang lengkap dan mendukung, namun lebih kepada terciptanya suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran. Jika siswa merasa senang dengan suasana pembelajaran yang diciptakan pihak sekolah, sehingga proses transfer knowledge mampu dioptimalkan.

5. Guru mempunyai perencanaan pembelajaran
Para guru terorganisasi dengan baik, terstruktur dan memiliki target pembelajaran yang jelas. Guru tidak hanya bekerja karena rutinitas semata tapi mampu bekerja dengan professional.

6. Sistem monitoring
Sebagai upaya perbaikan, sekolah yang baik memiliki system monitoring dan evaluasi rutin serta menyeluruh.

7. Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik
Sekolah yang baik memahami dan melaksanakan hak serta kewajiban siswa. Bahkan siswa diberikan kesempatan untuk mengontrol peran dan tanggung jawab mereka sendiri. Hal inilah yang membuat siswa merasa mendapat perhatian yang baik dari pihak sekolah.

8. Kemitraan sekolah dan rumah
Sekolah yang baik senantiasa melibatkan orang tua untuk mensinergikan program sekolah dan di rumah. Selalu ada komunkasi rutin antara pihak sekolah dan orang tua. Kemitraan ini menciptakan system terpadu.

Demikianlah beberapa kriteria sekolah yang baik untuk buah hati kita. Semoga bermanfaat untuk Ayah dan Bunda.

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir senantiasa berusaha memenuhi kedelapan kriteria sekolah yang baik, dengan menghadirkan fasilitas pendukung serta program unggulan yang menjadi kebanggan sekolah. Guna menjaga sinergitas antara sekolah dan orang tua, SIT Robbani Ogan Ilir rutin mengadakan kegiatan POMG (Pertemuan antara Orang Tua Murid dan Guru), Pelatihan Guru dan karyawan guna menciptakan sdm yang kompeten, system IT berupa ARSI (Aplikasi Robbani untuk Orang Tua Siswa) yang mempermudah orang tua dalam memantau kegiatan dan biaya sekolah anak, Program P3A (Pemetaan dan Pengembangan Potensi Anak), Entreprenurship, hingga kepada hal hal kecil seperti Wajib Pengunaan Bahasa Indonesia di lingkungan sekolah, Cara meletakan sandal, dan masih banyak yang lainnya.


Disamping fokus pada pemberian fasilitas terbaik seperti AC, Kolam Renang sendiri, Lapangan futsal, mushola dll, SIT Robbani secara continue menyediakan kualitas produk berupa kegiatan kegiatan yang berkelas.

PPDB SIT ROBBANI GELOMBANG III SUDAH DIBUKA !!!


Link Pendaftaftaran : daftar.sitrobbani.sch.id

Tentukan pilihan sekarang, jika ada yang pasti, mengapa harus ragu untuk menentukan kemauan hati!!!

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terbaru

Gallery

Tag

Subscribe