Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

Source : Kompas.com

6 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan momentum yang sangat ditunggu tunggu oleh setiap muslim di dunia. Terlebih lagi selama bulan Ramadhan, setiap umat islam dituntut menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Normalnya total jam berpuasa dalam sehari bisa mencapai 12/13 jam, bahkan di negara lain ada yang berpuasa lebih dari 12 jam. Oleh karena itu, umat muslim harus peka terhadap kesehatan selama bulan Ramadhan.

Pada umumnya, seseorang yang tidak memperhatikan kesehatannya bisa saja akan mengalami penurunan daya tahan tubuh yang menyebabkan virus akan lebih mudah menyerang tubuh dan akibatnya tubuh menjadi lemas, mudah lelah hingga bisa jatuh sakit. Hal tersebut tentunya membuat ibadah puasa menjadi terganggu.

Jika sakit sudah menyerang, dari sinilah Anda akan baru menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan. Nah, berikut terdapat beberapa cara yang perlu diperhatikan saat menjaga daya tahan tubuh selama puasa Ramadhan.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi
    Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi, Mengingat saat berpuasa tidak boleh makan dan minum dalam waktu yang telah ditentukan, maka beberapa zat pada tubuh akan meningkat dari pada biasanya. Sehingga bagi orang yang menjalankan puasa sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi yang bisa menopang kebutuhan zat pada tubuh tetap terpenuhi. Zat tersebut diantaranya mineral, berbagai macam vitamin mulai dari vitamin C, D dan E yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, menyerap kalsium serta mineral, tetap menjaga kelembapan kulit, dan sebagai antioksidan
    Selain itu, agar energi tetap terjaga maka tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein tinggi pada saat sahur dan berbuka puasa. Misalnya saja, berbagai macam sayuran, telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan.
  2. Minum Air Putih dengan Cukup
    Jangan Lupa Minum Air Putih dengan Cukup Saat berpuasa tentu harus menahan haus dari terbitnya fajar hingga matahari tenggelam. Memang bukan waktu yang tidak sebentar, maka minum air putih yang cukup perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan tidak terjadi dehidrasi.
    Bagaimana mengaturnya kalau sehari diperlukan minimal delapan gelas air putih? Tidak perlu khawatir, Anda bisa terapkan pola 242, yaitu minum dua gelas air putih pada saat sahur, empat gelas saat berpuka puasa dan dua gelas sebelum tidur malam. Dengan begitu, cairan pada tubuh tetap terpenuhi dengan baik.
  3. Waktu Istirahat yang Cukup
    Atur Waktu Istirahat dengan Cukup Saat berpuasa, biasanya orang menggunakan waktu pagi hingga sore untuk melakukan berbagai macam aktivitas di luar rumah terutama di kantor, waktu malamnya dimanfaatkan beribadah dan waktu sepertiga malam untuk makan sahur. Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan waktu istirahat karena terlalu banyak aktivitas tanpa istirahat juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi cepat lelah. Maka Anda harus pandai mengatur waktu agar aktivitas, beribadah dan istirahat yang cukup bisa seimbang sehingga puasa akan berjalan dengan lancar.
  4. Tetap Berolahraga
    Rutin Olahraga masih banyak orang yang beranggapan kalau berolahraga saat berpuasa takut badan menjadi lelah, pegal-pegal, lemas dan sebagainya. Padahal dengan melakukan olahraga, badan akan terasa lebih segar, bugar dan tentunya daya tahan tubuh tetap terjaga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan saja seperti peregangan tubuh, yoga, jalan dan sebagainya.
  5. Pilih Makanan yang Bersih
    Perhatikan Kebersihan Makanan biasanya orang yang sedang berada dalam perjalanan sering mengabaikan kebersihan saat membeli makanan untuk berbuka puasa. Tanpa berpikir panjang, apa yang dilihat dan menggugah selera pasti langsung dibeli. Padahal sebelum membeli makanan tersebut sangat perlu diperhatikan kebersihannya. Jika tidak, bisa saja makanan tersebut jadi sumber penyakit. Nah, sebaiknya hindari makanan yang tidak bersih tersebut. Sebelum membeli minimal perhatikan kebersihannya dengan melihat lingkungannya bersih atau tidak, makanan tersebut terbungkus atau tidak.
  6. Terapkan Pola Hidup Sehat
    Mengingat saat bulan puasa tentunya akan menjalankan rutinitas yang seperti biasanya bahkan ada rutinitas tambahan yang tidak diduga. Dengan begitu membutuhkan zat yang lebih banyak dari biasanya, maka lakukanlah pola hidup sehat agar kesehatan tetap terjaga. Cukup dengan perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, rutin berolahraga, dan atur waktu istirahat dengan baik.

Jangan sampai Anda termasuk orang yang menyepelekan pentingnya menjaga daya tahan tubuh karena bisa berdampak buruk pada kesehatan sehingga bisa saja mudah terserang berbagai macam penyakit. Akhirnya segala aktivitas menjadi terganggu dan ibadah puasa menjadi tidak lancar .

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terbaru

Gallery

Tag

Subscribe