Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

Magic, Anak Anda Langsung Disiplin, Bertanggung Jawab dan Beradab. Simak 5 Hal ini!

Penulis : Sulis Setya Ningsih, S.Pd

Tugas mulia sebagai orangtua adalah mendidik dan membesarkan anak dengan baik dan penuh kasih sayang. Mendidik anak juga tidak sekadar memberitahukan apa yang baik atau buruk. Akan tetapi, orangtua juga wajib melatih anak untuk memiliki sikap disiplin, bertanggung jawab, serta beragama yang baik.

Mendidik dapat dimulai dengan memberikan contoh perilaku yang baik. Selanjutnya, dengan memberikan ucapan-ucapan yang baik. Berikut lima ucapan ajaib yang jika didengar oleh anak setiap hari dapat membantunya menjadi anak yang baik. Ada apa saja?

  1. Gantilah ancaman dengan dorongan semangat
    Ucapan yang baik dapat berupa kalimat yang mendorong atau memotivasi anak. Contoh, gantilah kalimat “sudah mama bilang, jangan berserakan mainannya. Mau mama buang semua?” menjadi “ayo kita susun rapi mainannya.” Mengajak anak untuk berbuat baik dan belajar untuk bertanggung jawab.
  2. Berhenti membandingkan anak dengan orang lain
    Hal yang paling menyakitkan perasaan anak adalah dengan membanding bandingkan nya dengan anak yang lain. Anak akan merasa dirinya tidak disayang harus meniru perilaku orang lain. Anak bias saja menjadi stress dan terbebani. Berhenti membandingkan anak sendiri dengan orang lain, cobalah untuk mengerti dan mengajak secara perlahan.
  3. Jangan pelit mengekspresikan kasih sayang
    Berikan pujian ketika anak melakukan perbuatan baik sekecil apapun, dan berikan dukungan anak ketika anak gagal atau merasa belum berhasil. Secara psikologis anak yang berlimpah kasih sayang dapat membantu tumbuh kembangnya, tetapi kasih sayang yang diberikan tidak mengarah untuk memanjakan nya.
  4. Akui dan minta maaflah jika bersalah pada anak
    Ucapan maaf dan mengakui kesalahan juga merupakan hal terpenting untuk pertumbuhan anak. Mulai dari orang tua yang mengakui kesalahan nya, akan mengajarkan anak untuk mengakui kesalahan nya pula dan berani meminta maaf. Menerapkan pola pikir anak bahwa setiap manusia bisa salah serta wajib meminta maaf dan memperbaiki kesalahan nya
  5. Ubah kalimat negatif menjadi positif
    Hal yang masih sering dilakukan adalah menggunakan kalimat negative pada anak. Contoh “ ayo cepetan kalo tidak ditinggal ya. kalimat ini akan membuat anak merasa tertekan dan menjadi panik. Sifat tersebut bisa saja terbawa sampai kelak mereka dewasa. Jadi, cobalah untuk menggunakan kalimat positif

Di sekolah islam terpadu Robbani ogan Ilir, peran orang tua dilibatkan secara aktif untuk memperkaya dan memberi perhatian yang memadai dalam proses pendidikan putra- putri mereka, sehingga terjadi sinergi yang konstruktif dalam membangun kompetensi dan karakter peserta didik.

Itulah lima ucapan ajaib yang jika di ucapkan sesering mungkin akan membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terbaru

Gallery

Tag

Subscribe