Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

Pentingnya Mengajarkan Toleransi Sejak Usia Dini

Penulis : Ega Maharani, S.Si

Toleransi merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap individu, karena merupakan sikap menghormati perbedaan antar manusia mulai dari perbedaan ras, agama, gender, disabilitas, dan perbedaan-perbedaan lainnya. Toleransi berarti menghormati dan belajar dari orang lain, menjembatani kesenjangan budaya, menemukan kesamaan dan menciptakan ikatan baru. Perilaku yang tidak mencerminkan sikap toleransi seperti menindas, kejam atau perbuatan yang sudah melanggar aturan sosial itu tidak bisa ditoleransi lagi.

Mengingat toleransi adalah sikap yang sangat penting, hal ini sudah pasti harus ditanamkan sejak dini. Menanamkan sikap toleransi kepada anak bisa dimulai dari mengendalikan emosi yaitu menumbuhkan rasa empati, mengendalikan diri sendiri, dan pemahaman terhadap orang lain. Kemampuan mengendalikan emosi yang rendah dapat memicu sikap intoleransi. Sikap intoleransi dimaksud yaitu sikap abai atau rasa ketidakpedulian terhadap eksistensi orang lain. Ketika anak tidak bisa mengendalikan emosi dengan baik, maka mereka cenderung akan melampiaskan rasa terluka dan kekecewaan dengan cara menghakimi orang lain. Hal ini akan memunculkan sifat kebencian dan sikap tidak toleransi.

Anak merupakan generasi penerus bangsa ini, maka dari itu sikap toleransi harus ditanamkan sedini mungkin. Tidak hanya ditanamkan tetapi sangat perlu untuk membiasakan pada anak. Dengan memiliki sikap toleransi yang baik, seorang anak bisa tumbuh menjadi orang yang berkepribadian baik dan berwawasan luas. Misalkan dalam kehidupan sehari-hari contohnya dengan membiasakan anak untuk menghargai orang lain. Menghargai orang lain dapat terjadi ketika ada diskusi kelas, setiap anak diberi kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya lalu anak dibiasakan untuk menghargai pendapat temannya yang berbeda di saat diskusi kelas sedang berlangsung atau dengan mengajarkan kepada anak tentang pemahaman sederhana supaya tidak mencela perbedaan pendapat tersebut. Tunjukkanlah sikap saling menghargai pada siapa saja tanpa memandang perbedaan apapun.

Sikap toleransi juga dapat diajarkan oleh orang tua ketika berada dirumah, yaitu dalam memilih tontonan anak dirumah. Tidak jarang media saat ini mempengaruhi sikap toleransi bagi anak, baik yang ditonton, dibaca, ataupun yang didengar. Apalagi media sosial semakin sulit untuk dikendalikan. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus lebih teliti dan selektif lagi dalam memilih tontonan anak dirumah. Orang tua bisa membatasi penggunaan media dan juga meluruskan jika ada kesalahpahaman ketika anak menonton, membaca, atau mendengar sesuatu. Oleh karena itu diskusi dua arah sangat diperlukan dalam mengajarkan sikap toleransi pada anak. Ajarkan juga kepada anak mengenai meneladani sikap toleransi yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagai suri tauladan bagi seluruh umat manusia. Hal ini dapat dilakukan oleh orang tua dirumah sembari mencontohkan sikap-sikap toleransi yang diharapkan dapat diikuti oleh anak-anak.

Adapun manfaat dari sikap toleransi adalah dapat menghindari adanya perpecahan persaudaraan, Mempererat tali silaturahmi, dapat mempertebal keimanan, melatih diri untuk saling menghargai, memperkuat hubungan sesama manusia, dapat menahan amarah, meningkatkan rasa nasionalisme, mudah mencapai kata mufakat pada saat musyawarah, dan tidak merasa diri paling benar sendiri.

Jika hal sederhana tersebut dapat terlaksana dengan baik, maka nilai toleransi yang sudah ditanam sejak dini akan dituai ketika dewasa. Maka kehidupan akan lebih tentram, dan persatuan Indonesia terwjud. Tidak ada lagi dalam satu hal apapun yang terlebih dahulu melihat latar belakang agama, perbedaan ras, gender, disabilitas, dan perbedaan-perbedaan lainnya. Melainkan mengejar cita-cita dan tujuan yang sama yaitu bersama-sama memajukan Indonesia supaya terwujudnya keadilan yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2023/2024

SIT Robbani Ogan Ilir, Sumatera Selatan

TPA-KB-TK-SD-SMP

daftar.sitrobbani.sch.id

Info selengkapnya 0811-747-472

#SMARTSCHOOLFORSMARTGENERATION#KEROBBANIKUY

#ppdb2023#PPDBSITROBBANI2023#PPDBSITROBBANIOGANILIR#ppdbrobbani2023
___________________
Stay tuned :
Facebook : Sekolah Islam Terpadu Robbani
Instagram : @sitrobbani
Website : www.sitrobbani.sch.id

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.