Dapatkan Informasi Terkini

Sekolah Islam Terpadu Robbani Ogan Ilir

Kenapa Harus Memboikot Produk Israel?

Oleh: Rifda Saugina, S.Pd

Artikel ataupun berita tentang peperangan Israel dan Palestina menjadi tranding topik di dunia Internasional, khususnya korban jiwa yang dilaporkan hampir 35.000 jiwa menurut laporan dari www.liputan6.com pada Rabu, 15 Mei 2024. Sehingga, banyak pula kabar berseliweran tentang pemboikotan yang dilakukan sekelompok orang terhadap produk Israel. Apakah kita harus ikut memboikot produk Israel?. Jawabanya ya, kita harus ikut memboikot produk Israel. Kenapa?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa kita harus ikut memboikot produk Israel. Pertama, ditinjau dari fikih Islam tentang jual beli terhadap transaksi dengan non-muslim. Dalam pembahasan khusus mengenai transaksi jual-beli dengan non-muslim, Ibn Hajar Al-‘Asqalani mengutip pernyataan Imam Ibn Bathal (w. 449 H), ia menyatakan bahwa transaksi dengan non-muslim hukumnya diperbolehkan kecuali membeli sesuatu yang dapat membantu mereka untuk memerangi umat Islam maka hukumnya tidak diperbolehkan:

 (قَوْلُهُ بَابُ الشِّرَاءِ وَالْبَيْعِ مَعَ الْمُشْرِكِينَ وَأَهْلِ الْحَرْب) قَالَ بن بَطَّالٍ مُعَامَلَةُ الْكُفَّارِ جَائِزَةٌ إِلَّا بَيْعَ مَا يَسْتَعِينُ بِهِ أَهْلُ الْحَرْبِ عَلَى الْمُسْلِمِينَ

Artinya: “(Bab yang menerangkan perihal transaksi jual-beli dengan non-muslim dan pihak yang memerangi umat Islam) Ibn Bathal berkata: Melangsungkan transaksi dengan non-muslim diperbolehkan, kecuali melakukan transaksi pada sesuatu yang membantu mereka untuk memerangi umat Islam. (Ahmad bin Ali bin Hajar Al-Asqalani, Fath Al-Bari Syarh Sahih Al-Bukhori [Beirut: Dar Al-Ma’rifah], vol. 4 h. 410).

Hasil keuntungan dari beberapa produk Israel adalah untuk mendukung peperangan yang dilakukan terhadap Muslim di Palestina. Maka dari itu, memboikot produk Israel adalah salah satu tugas kita sebagai Muslim agar penyerangan terhambat. Dalam beberapa minggu aksi pemboikotan tersebut cukup berhasil membuat persentase penjualan menurun drastis dan menyebabkan harga saham anjlok.

Kedua,  berdasarkan firman Allah dalam surah al-Mumtahanah ayat 9, yang artinya:

“Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

Dalam konteks Islam, boikot juga dapat dilakukan sebagai respons terhadap tindakan yang merugikan suatu komunitas atau umat Islam. Sebagai bentuk protes yang efektif, umat Islam dapat memilih untuk tidak menggunakan, membeli, atau berurusan dengan pihak yang dianggap melanggar prinsip-prinsip Islam atau mengabaikan hak-hak umat. Dengan demikian, boikot telah menjadi salah satu cara yang digunakan umat Islam untuk melawan ketidakadilan dan menyuarakan keprihatinan mereka terhadap pelanggaran hak asasi manusia atau kebijakan yang tidak adil.

Ketiga, hendaknya kita sebagai muslim mengituti ulil amr atau pemimpin kita sebagaiman dalam potongan ayat Al-Quran Surah An- Nisa ayat 59 :

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اَطِيۡـعُوا اللّٰهَ وَاَطِيۡـعُوا الرَّسُوۡلَ وَاُولِى الۡاَمۡرِ مِنۡكُمۡ‌ۚ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu.

Ayat tersebut mengingatkan kita tentang perintah mematuhi pemimpin kita. Majlis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan fatwa mengharamkan dukungan terhadap agresi Israel ke Palestina. Hal itu dituangkan dalam fatwa Nomor 83 Tahun 2023. Dalam fatwa yang keluar pada 8 November 2023 itu ada tiga rekomendasi yang diberikan MUI. Pertama MUI mengimbau agar umat Islam mendukung perjuangan Palestina. Kedua, MUI mengimbau pemerintah mengambil langkah-langkah tegas dalam membantu perjuangan Palestina. Ketiga, MUI juga mengimbau umat Islam agar memaksimalkan menghindari transaksi dan menggunakan produk yang terafiliasi dengan Israel serta yang mendukung penjajahan dan zionisme untuk membawa perubahan dan menghasilkan dampak nyata, dalam hadits Nabi saw:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, mengasihi, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila dan salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuh akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan turut merasakan sakitnya.

Itulah ketiga alasan kenapa kita harus ikut memboikot produk Israel, untuk sekadar informasi tentang produk yang harus kita boikot, teman-teman bisa lihat gambar ini ya:

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terbaru

Gallery

Tag

Subscribe